Aji Batara Agung Dewa Sakti - Cerita Rakyat dari Kutai

Keinginan penulis untuk menyusun buku Cerita Rakyat Kutai berjudul Aji Batara Agung Dewa Sakti telah muncul sejak mengadakan penelitian-penelitian terhadap kesastraan di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Cerita rakyat ini dapat digolongkan ke dalam legenda yang berasal dari Salasilah Kerajaan Kutai Kartanegara. Aji Batara Agung Dewa Sakti merupakan tokoh manusia titisan Dewa. Nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat ini tampak pada upacara erau yang setiap tahunnya digelar oleh Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara sebagai simbol kejayaan Kutai Kartanegara. Begitu pula dengan Putri Karang Melenu. Sang putri muncul secara tiba-tiba dari dasar Sungai Mahakam yang dijunjung oleh Lembuswana. Kemudian, sang putri menikah dengan Raja Aji Batara Agung Dewa Sakti. Dari pernikahannya dengan sang putri itu lahirlah penerus dinasti Raja-Raja Kutai Kartanegara. Sejalan dengan itu, Kantor Bahasa Kalimantan Timur sebagai kepanjangtanganan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa berupaya meningkatkan mutu pelayanan kebahasaan dan kesastraan kepada masyarakat dalam bentuk inventarisasi dan dokumentasi cerita rakyat di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sebagai upaya meningkatkan minat baca menuju perubahan literasi budaya viii dari budaya dengar-bicara ke budaya baca-tulis. Selain itu, penulisan cerita rakyat ini juga dimaksudkan untuk menggairahkan semangat meneliti bagi para peneliti di lingkungan Kantor Bahasa Kalimantan Timur. Akhirnya, penulis menyampaikan terima kasih setulus- tulusnya kepada Kepala Kantor Bahasa Kalimantan Timur dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang telah menerbitkan buku cerita rakyat Kutai ini. Penulis berharap mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi pembinaan dan pengembangan kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah, terutama bagi peminat sastra di masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya masyarakat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara agar dapat merawat budaya literasi sebagai ciri peradaban masyarakat modern dan bermartabat. 

Samarinda, April 2016 Yudianti Herawati

Untuk lebih lengkap tentang Cerita Rakyat Kutai berjudul Aji Batara Agung Dewa Sakti, bisa dibaca secara online dibawah ini :

 
LINK DOWNLOAD : Aji Batara Agung Dewa Sakti - Cerita Rakyat dari Kutai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnalis Warga Gedangrejo

Bagi sedulur-sedulur Desa Gedangrejo, mari bergabung bersama kami dengan cara :
  • 1. Ide dan Gagasan

    Sampaikan ide/gagasan/keluhan Saudara melalui kontak person atau sosial media kami.

  • 2. Artikel

    Membuat artikel kegiatan dengan disertai foto, kemudian kirim ke E-mail atau WhatsApp Desa Gedangrejo.

  • 3. Foto dan Video

    Upload foto dan video kegiatan sekitar Desa Gedangrejo ke Instagram atau Youtube dengan hastag #gedangrejo.

  • 4. WhatsApp

    Untuk bisa langsung menyapa Pemdes Gedangrejo melalui WhatsApp 0818-0421-4049

    Desa Gedangrejo

    Kami terus berproses menuju yang lebih baik di segala bidang. Dengan bantuan banyak pihak, kami yakin Desa Gedangrejo akan menjadi desa yang gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem kerto raharjo.

    MEMBANGUN DESA GEDANGREJO YANG HARMONIS DAN DINAMIS.

    Kesenian Cing Cing Goling
    - Wahyu Widayat -

    Menyelenggarakan pemerataan desa yang efisien, efektif dan bersih.

    Panjang Ilang
    - www.jogjasiana.net -

    Meningkatkan sumber sumber pendanaan pemerintahan dan pembangunan Desa.

    Kesenian Cing Cing Goling Gedangrejo
    - Dwi Hargito Purnomo -

    Hubungi Kami

    Untuk menyampaikan ide, saran dan kritik

    Nama*


    Pesan*


    Kontak Pustaka Gedangrejo

    Berikut ini kontak WhatsApp yang bisa digunakan untuk menghubungi kami, selain melalui sosial media!

    • 0818 0421 4049